Pasti Kamu diBayar.....BUKAN SCAM....

SvBux - Simplicity And Innovativeness!

Klik iklan Dapet Rupiah..Mau? (klik banner ini....)

Minggu, 16 Agustus 2009

Studi Kelayakan Bisnis - Aspek Pemasaran [Tugas Kuliah]

ASPEK PEMASARAN

Latar Belakang
Di masa yang semakin modern ini, tak pelak lagi komputer menjadi salah satu peralatan yang pokok di dunia, begitu pula di Indonesia. Komputer menjadi wadah komunikasi menyalurkan informasi dan hobi bagi para pemakainya. Baik itu remaja, dewasa, maupun tua. Melihat semakin banyaknya penggemar game di Indonesia pada umumnya dan kota Semarang pada khususnya, kami berkeinginan untuk mendirikan sebuah Game Online agar dapat memuaskan gamer-gamer Semarang.
Ide ini berawal dari semakin banyaknya gamer yang ada di Semarang. Dengan hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap permainan orang banyak (multiplayer) semakin meningkat. Dalam LAN Party dan kompetisi game ini, diharapkan masyarakat semakin mempunyai minat terhadap multiplayer games, terutama eSports.
eSports kependekan dari electronic Sports, yang artinya adalah suatu olahraga yang mempunyai keunggulan dimana seseorang harus memacu kemampuan berpikir, kecerdasan, kecermatan, ketelitian, serta kemampuan gerak psikomotorik yang baik dalam memainkan suatu permainan yang menggunakan media elektronik seperti komputer.
eSports telah menjadi suatu trend di berbagai negeri selain Indonesia. Dan telah menjadi suatu rutinitas hidup seorang remaja dewasa. Tak ayal, eSports telah menjadi profesi mereka. Mereka biasa disebut professional gamers atau cyberathlete.
Kami mempunyai keinginan untuk mengembangkan eSports secara umum, dan salah satunya ingin disalurkan melalui event yang akan kami adakan di Game Online kami.

Bentuk Pasar
– Bentuk pasar produsen yang dimasuki adalah pasar persaingan sempurna karena Game Online dapat dijalankan oleh berbagai pihak selama mereka mampu.
– Bentuk pasar konsumen yang dimasuki adalah pasar konsumen dengan mengutamakan kepuasan pengguna fasilitas Game Online (internet).

• Contoh Segmentasi Ekonomi
– Pendapatan tinggi
– Pendapatan sedang
– Pendapatan rendah
– Pendapatan sangat rendah

Strategi Membaca Peluang
• Lihat setiap segmen pasar
• Bagaimana potensi ekonomi
• Lihat ukuran dan tren penjualan barang yang sejenis dengan produk kita
• Tentukan segmen mana yang anda pilih (bisa lebih dari satu segmen)


Segmentasi, Targeting dan Positioning


Segmentasi
1. Geografis : dalam hal ini X3m Game Online menunjuk pada segmen pasar daerah Semarang atas pada khususnya.
2. Demografis : masyarakat segala usia yaitu anak-anak, usia remaja, usia dewasa dan orang tua.
3. Psikografis : masyarakat dengan kelas social menengah dan atas.
4. Perilaku : memeberikan suatu hiburan, dan meramaikan bursa persaingan.


Targeting
1. Geografis : sasaran utama kami adalah Semarang daerah atas karena daerah ini yang masih sepi akan Game Online
2. Demografis : X3m Game Online akan lebih membidik konsumen anak – anak, usia remaja, dewasa maupun orangtua
3. Psikografis : X3m Game Online akan bermain di kelas social menengah ke atas.
4. Perilaku : X3m Game Online akan memberikan fasilitas yang lebih baik dibanding dengan Game Online lain ( Versus )



Positioning
Produk
Game Online maupun Game LAN
Brosing Web – web Lokal
Place
Di daerah Banyumanik
Semarang

Price
Rp 3.000 / jam = Umum
Rp 2.500 / jam = Member
Rp 1.000 / jam = Team
Rp 25.000 untuk menjadi member

Promosion
Menyebar Brosur di sekolah – sekolah
Pasang Spanduk di depan X3m Game Online
Promosi di Webside – webside komunitas game
Interpersonal
Mengadakan even – even
BillBoard
People

X3m Game Online akan mempekerjakan pegawai yang ramah, dan benar – benar mengerti masalah teknis komputerisasi



Pelanggan itu penting
pelanggan itu prioritas
Senantiasa melakukan kontak dengan pelanggan
Umpan balik pelanggan dipertimbangkan oleh manajemen

Ada sistem untuk menangani keluhan pelanggan
Pimpinan mendukung karyawan yang menangani keluhan pelanggan
Manajemen mendorong tim untuk melayani pelanggan dengan lebih baik
Anggota tim punya wewenang mengatasi keluhan pelanggan
Karyawan terbuka menyampaikan keluhan pelanggan pada manajemen
Sistem dan service dipikirkan perbaikannya
Produk dan service sering dinilai kesesuainnya dengan harapan pelanggan
Usaha karyawan memuaskan pelanggan dihargai oleh manajemen


Rekomendasi
• Tren bisnis hiburan yang semakin meningkat
• Game tidak memandang usia
• Banyak game yang semakin menarik
• Terlihat bayaknya even yang akan diadakan oleh X3m Game Online sehingga menarik perhatian pelanggan
• Tujuan utama yang ingin dicapai X3m Game Online adalah meningkatkan komunitas gamer Semarang agar tidak kalah dengan kota lain.
• Adannya pasar yang potensial
• Terdapat langkah STP yang baik dan matang
Maka X3m Game Online dinyatakan LAYAK

1 komentar: